Monday, September 25, 2023
Monday, September 25, 2023
Home » Rocky Gerung Bicara Susahnya Jadi Perempuan: Perempuan Lemah, Laki-Laki Kuat, Apa Iya?

Rocky Gerung Bicara Susahnya Jadi Perempuan: Perempuan Lemah, Laki-Laki Kuat, Apa Iya?

by Lusiana Listyani
0 comment

Dibandingkan laki-laki, ada lebih banyak stereotip yang membelenggu perempuan. Salah satu stereotip yang umum ditemukan ialah bahwa perempuan lemah, sedangkan laki-laki kuat. Benarkah demikian?

Pengamat sekaligus Pengajar Kajian Filsafat dan Feminisme, Rocky Gerung, pun ikut bersuara mengenai susahnya menjadi perempuan. Dalam diskusinya bersama Mata Najwa, Rocky Gerung mengatakan bahwa stereotip yang menggambarkan perbedaan antara laki-laki dan perempuan itu lahir di dari aspek sosial, termasuk soal kuat-lemahnya perempuan.

Female dan male itu beda biologisnya jelas, tetapi laki dan perempuan itu perbedaan yang disodorkan oleh yang sosial. Itu yang merusak, padahal sebetulnya kalau dibilang ya perempuan lemah, laki-laki kuat, itu stereotip kan,” ungkapnya dalam Mata Najwa bertajuk “Susahnya Jadi Perempuan” disimak pada Selasa, 6 Juni 2023.

Ia mencontohkan salah satu bukti perempuan lebih kuat daripada laki-laki. Misalnya, dalam hal menstruasi dan melahirkan, Rocky menyebut bahwa laki-laki tidak didesain untuk menahan sakit yang semenderita itu.

“Kalau misalnya (laki-laki) bisa menstruasi, hari ketiga pingsan, jadi laki-laki gak lebih kuat daripada perempuan. Kalau (laki-laki) bisa melahirkan, bukaan keempat meninggal karena kita bukan sebagai pria, tapi sebagai male yang memang nggak dirancang untuk menahan sakit,” tambahnya.

“KalauĀ pain, kita bisa tahan sama-sama tapi penderitaan itu hanya ada pada perempuan. Jadi perempuan jauh lebih kuat dari laki-laki, tetapi peradaban ingin perempuan lebih lemah dari laki-laki, lalu dibikin stereotip,” tegasnya lagi.

Sumber : Liberte

You may also like

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites. Buy Soledad now!

Wanita Berita, A Media Company – All Right Reserved.