Saturday, June 15, 2024
Saturday, June 15, 2024
Home » Pemkab Nagan Raya Adakan Musrenbang Perempuan dan Anak Serta Disabilitas

Pemkab Nagan Raya Adakan Musrenbang Perempuan dan Anak Serta Disabilitas

by Novita Novianti
0 comment

Pemkab Nagan Raya mengadakan Musyawarah Rencana Pembangunan Perempuan dan Anak Tahun 2023.

Pemkab Nagan Raya mengadakan Musyawarah Rencana Pembangunan Perempuan dan Anak Tahun 2023
Artikel ini telah tayang di SerambiNews.com dengan judul Pemkab Nagan Raya Adakan Musrenbang Perempuan dan Anak Serta Disabillita.

Musrenbang diselenggarakan Bappeda Nagan Raya dengan beragendakan “Penyusunan Program/Kegiatan Pembangunan Daerah yang berasal dari Aspirasi Unsur Perempuan, Anak dan Disabilitas Kabupaten Nagan Raya” di Aula Bappeda, Kamis (4/5/2023).

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas AP SSos MSi diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Zulfika SH mengatakan perumusan perencanaan pembangunan salah satunya harus dilakukan secara partisipatif.

Dimana masyarakat memiliki hak untuk terlibat dalam proses tahapan perencanaan pembangunan daerah dan bersifat inklusif terhadap kelompok masyarakat rentan termarjinalkan, melalui jalur khusus komunikasi untuk mengakomodir aspirasi kelompok masyarakat yang tidak memiliki akses dalam pengambilan kebijakan.

Dimana masyarakat memiliki hak untuk terlibat dalam proses tahapan perencanaan pembangunan daerah dan bersifat inklusif terhadap kelompok masyarakat rentan termarjinalkan, melalui jalur khusus komunikasi untuk mengakomodir aspirasi kelompok masyarakat yang tidak memiliki akses dalam pengambilan kebijakan.

“Proses ini tentunya harus dapat dimanfaatkan dan direncanakan dengan sebaik-baiknya, sehingga mampu meningkatkan daya saing masyarakat dalam mengoptimalkan pengelolaan potensi daerahnya,” ujar Zulfika.

Dampak pembangunan yang dihasilkan harus dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat termasuk perempuan dan anak.
Di jelaskan, kegiatan ini merupakan forum yang dapat digunakan oleh perempuan, anak dan penyandang disabilitas sebagai sarana berpartisipasi dalam proses perencanaan pembangunan Kabupaten Nagan Raya tahun 2024.

“Oleh karenanya, dalam rangka mewujudkan komitmen Pemkab Nagan Raya untuk menyusun perencanaan pembangunan secara partisipatif yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan serta dalam rangka pelaksanaan perencanaan dan penganggaran yang responsif,” jelas Asisten I, Zulfika.


Ia juga berharap semoga kegiatan ini mampu melahirkan
perencanaan yang baik serta membuka seluasnya ruang partipasi bagi seluruh masyarakat khususnya unsur perempuan, anak dan disabilitas dalam keseluruhan proses perencanaan pembangunan Kabupaten Nagan Raya tahun 2024.


Kepala Bappeda Rahmattullah SSTP MSi melaporkan dasar pelaksanaan kegiatan musyawarah rencana pembangunan perempuan dan anak Kabupaten Nagan Raya tahun 2023 ini mengacu pada 
Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000 Tentang Pengarusutamaan Gender Dalam Pembangunan Nasional.


Kemudian, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 Tentang  Tatacara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, dan Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2009 Tentang Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan serta
Qanun Kabupaten Nagan Raya Nomor 4 Tahun 2021 tentang Kabupaten Layak Anak.


Maksud dan tujuan Musrebang ini, kata Rahmattullah adalah untuk memastikan bahwa perencanan pembangunan Kabupaten Nagan Raya tahun 2023 telah dilakukan secara partisipatif dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan sehingga tidak ada pihak-pihak yang termarjinalkan dalam proses perencanaan pembangunan guna mewujudakan masyarakat Kabupaten Nagan Raya yang sejahtera, mandiri, maju dan berdaya saing.


Rahmattullah juga menyampaikan jumlah peserta sebanyak 60 orang terdiri dari unsur Tim Penggerak PKK kabupaten dan kecamatan,
Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Gampong, Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMGP4), unsur Forum Anak Kabupaten Nagan Raya, unsur Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A), unsur anak sekolah yang diwakili oleh siswa tingkat SMP dan SMA, unsur lembaga masyarakat yang bergerak pada bidang perempuan, serta unsur Bappeda Kabupaten Nagan Raya selaku panitia pelaksana.


Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi yang di sampaikan Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak dari Dinas Pembedayaan Perempuan dan Pelindungan Anak Provinsi Aceh, Amrina Habibi SH MH serta Diskusi Bersama yang di pandu Kabid PSDMK Bappeda Muhammad Ar’rafi Skel MSc.


Kegiatan tersebut juga turut dihadiri Staf Khusus Pj Bupati Nagan Raya Fahrulsyah Mega, Kadis Kominfotik Drs Said Amri, dan Kadis Kesehatan Siti Zaidar SSTP.(*)

Sumber : Tribune


You may also like

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites. Buy Soledad now!

Wanita Berita, A Media Company – All Right Reserved.