Saturday, June 22, 2024
Saturday, June 22, 2024
Home » Manfaat Penting Beladiri Muay Thai untuk Wanita, Ternyata Ampuh Turunkan Berat Badan!

Manfaat Penting Beladiri Muay Thai untuk Wanita, Ternyata Ampuh Turunkan Berat Badan!

by Lusiana Listyani
0 comment

BUKAN hanya bermanfaat sebagai olahraga bela diri, ternyata Muay Thai untuk wanita juga menyimpan berbagai manfaat penting bagi kesehatan dan kecantikan. Penasaran?

Ya, melakukan olahraga bela diri seperti karate, kungfu, wushu, taekwondo, dan muay thai tidak hanya bertujuan untuk melindungi diri ataupun kompetisi, tetapi juga menyehatkan tubuh.

Sebagai olahraga bela diri, Muay Thai memiliki peminat khusus, terutama wanita. Soalnya, olahraga ini dapat menunjang rasa percaya diri, menemukan circle yang positif, dan menurunkan berat badan.

Manfaat Muay Thai untuk Kesehatan Tubuh Wanita

Gerakan-gerakan yang dilakukan pada olahraga ini dapat membantu meningkatkan kekuatan, daya tahan, kecepatan, dan kelincahan tubuh. Berikut ini adalah penjelasan mengenai manfaatnya secara keseluruhan untuk kesehatan tubuh:

  1. Melatih Kekuatan Otot Kaki

Menendang dan gerakan kaki yang lain menjadi gerakan paling utama dalam seni bela diri muay thai. Roundhouse kick adalah salah satu gerakan yang jadi andalan, dilakukan dengan menendang berputar membentuk setengah lingkaran menggunakan kaki bagian depan.

Selain mengajarkan kamu bagaimana cara menendang yang baik, gerakan ini juga bisa membantu menguatkan otot tubuh pada bagian bawah. Jika kamu melakukannya dengan rutin, kekuatan, daya tahan, dan kelincahan otot kaki serta betis pun akan menjadi lebih baik lagi

  1. Meningkatkan Kelenturan Pinggul

Gerakan menendang dan menyerang menggunakan lutut akan membantu melatih kelenturan bagian pinggul. Tentunya, mempunyai pinggul yang ramping dan sehat akan memberikan dampak positif pada kesehatan tubuh lainnya. Inilah mengapa tak sedikit wanita yang memilih melakukan olahraga muay thai ketimbang olahraga bela diri lainnya.

  1. Menyehatkan Jantung

Pada umumnya jenis olahraga yang dapat memacu jantung dapat menyehatkan jantung. Biasanya, sebelum sampai ke latihan teknik, kamu akan melakukan satu jam kardio.

Kardio ini bisa meliputi lari, skipping, burpee, jumping jack dan lain sebagainya. Nah, jenis olahraga tersebut bekerja efektif melatih kinerja jantung. Jantung yang sehat dapat membuat hidupmu lebih berkualitas.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Heart Association, disebutkan olahraga kardiovaskular dapat menyehatkan jantung. Latihan fisik yang memacu kerja jantung, ditandai dengan debaran kencang, dapat meningkatkan performa jantung yang pada akhirnya dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Pada dasarnya setiap olahraga yang kamu lakukan dapat membantu menurunkan berat badan. Sebab, gerakan dalam bela diri Muay Thai ini membuat hampir seluruh anggota tubuh kamu bergerak, dan membantu meningkatkan daya tahan sistem kardiovaskular secara keseluruhan.

Gerakan seperti pukulan, menendang, serangan menggunakan lutut maupun siku yang dilakukan, jika dipadukan dengan peregangan dan pemanasan yang tepat, maka akan membakar lemak dan kalori dalam tubuh.

  1. Mengurangi Stres

Salah satu cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi stres adalah berolahraga. Meluangkan waktu untuk berolahraga muay thai dapat menurunkan stres, membangkitkan suasana hati, dan membuat tidur lebih nyenyak.

Gerakan muay thai yang mendorong orang untuk melepaskan emosi negatif, membuang kemarahan, serta pencapaian akan penguasaan gerakan yang memberikan sensasi positif dan mengurangi kegelisahan.

  1. Melatih Kemampuan Berpikir

Ketika kamu bertanding dan menghadapi lawan, kamu harus memikirkan banyak strategi untuk menyerang sekaligus apa rencana yang digunakan lawan. Jadi, rutin berlatih muay thai tanpa disadari akan membantu melatih kecepatan dalam berpikir untuk memecahkan permasalahan.

  1. Membangun Rasa Percaya Diri

Olahraga ini dapat membangun rasa percaya diri. Pasalnya, setiap gerakan pada seni bela diri asal Thailand ini mengandung unsur pertahanan dan menyerang lawan. Berbekal olahraga bela diri semacam ini dapat membangun rasa percaya diri dan lebih berani untuk menghadapi dunia luar yang keras dan tough.

  1. Tidak Mudah Lelah

Rutin melakukan latihan fisik dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Muay thai sebagai salah satu bentuk olahraga dengan latihan intensitas sedang dapat membuat tubuh secara perlahan mencapai kemampuan maksimalnya. Jika fisikmu terbiasa dilatih dengan rangkaian tertentu, kamu menjadi lebih tangkas dan tidak mudah capek.

  1. Melatih Koordinasi Tubuh

Pada beberapa gerakan dalam seni bela diri ini, kamu akan dilatih untuk memadupadankan beberapa gerakan sekaligus. Secara tidak langsung ini dapat melatih koordinasi tubuh.

Itulah sebabnya mengapa orang yang rutin menjalani muay thai dan olahraga koordinasi sejenis memiliki koordinasi yang lebih baik ketimbang yang tidak.

Nah, itu tadi merupakan manfaat yang akan kamu dapatkan jika rutin melakukan bela diri muay thai, khususnya bagi wanita, tertarik untuk mencobanya?.

Sumber : Bank BJB

You may also like

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites. Buy Soledad now!

Wanita Berita, A Media Company – All Right Reserved.