Tuesday, April 23, 2024
Tuesday, April 23, 2024
Home » Lima Negara Sudah Pasti ke 16 Besar Piala Dunia Wanita 2023

Lima Negara Sudah Pasti ke 16 Besar Piala Dunia Wanita 2023

by Lusiana Listyani
0 comment

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Piala Dunia Wanita 2023 menuju fase sistem gugur dengan lima negara sudah dapat dipastikan masuk 16 besar, yaitu Swiss, Norwegia, Spanyol, Jepang, dan Swedia.

Saat ini negara-negara peserta lainnya juga berjuang untuk mengamankan tempat mereka di babak 16 besar yang akan berlangsung mulai Sabtu, 5 Agustus 2023.

Tim yang finis di puncak grupnya akan melawan tim urutan kedua di babak sistem gugur pertama. Misalnya, juara Grup A akan melawan tim yang finis kedua di Grup C, pemenang Grup B akan menghadapi tim urutan kedua dari Grup D.

Apa dan bagaimana agar mereka bisa terus melaju ke babak berikutnya dari masing-masing grup di Piala Dunia Wanita 2023, begini cacatan dari FIFA: 

Grup A (Swiss, Norwegia, Selandia Baru, Filipina)

Swiss yang memuncaki Grup A adalah satu-satunya tim tak terkalahkan di grup tersebut, dengan hasil imbang tanpa gol melawan tuan rumah bersama Selandia Baru mengamankan kemajuan mereka.

Mantan juara dunia Norwegia bangkit dari kekalahannya dari Selandia Baru dalam pertandingan pembukaan mereka untuk melaju ke posisi kedua, telah mengalahkan debutan Filipina 6-0 di pertandingan terakhir mereka, kemarin.

Selandia Baru menjadi tuan rumah Piala Dunia Wanita pertama yang tersingkir di babak penyisihan grup.

Sementara Filipina finis terbawah tetapi meraih kemenangan pada debut turnamen global mereka melawan tuan rumah bersama.

Grup B (Nigeria, Kanada, Australia, Irlandia)

Pertandingan 31/7/2023 :

  • Kanada vs Australia
  • Republik Irlandia vs Nigeria

Nigeria dan Kanada sama-sama akan lolos ke babak 16 besar jika mereka terhindar kekalahan.

Nigeria saat ini berada di puncak grup berdasarkan jumlah gol yang diperolehnya yang bisa membuktikan faktor penentu jika mereka dan Kanada memenangkan pertandingan grup terakhir mereka.

Australia harus mengalahkan Kanada, atau seri dan berharap Nigeria menderita kekalahan dua gol dari Republik Irlandia, untuk menghindari tersingkirnya putaran pertama di kandang sendiri. Matildas belum pernah tersingkir di babak penyisihan grup sejak 2003.

Republik Irlandia sudah tersingkir, tetapi akan mencari kemenangan Piala Dunia Wanita pertama melawan Nigeria.

Grup C (Spanyol, Jepang, Kosta Rika, Zambia)

Pertandingan 31/7/2023:

  • Kosta Rika vs Zambia
  • Jepang vs Spanyol

Spanyol dan Jepang sudah pasti lolos ke babak 16 besar. Spanyol unggul selisih gol sehingga hanya butuh hasil imbang untuk memuncaki Grup C, sedangkan Jepang harus menang untuk finis lebih dulu.

Kosta Rika dan Zambia sama-sama sudah tersingkir, tetapi masing-masing akan mengincar kesuksesan Piala Dunia Wanita untuk pertama kalinya saat mereka bertemu di pertandingan terakhir grup.

Grup D (Inggris, Denmark, China, Haiti)

Pertandingan 1/8/2023 :

  • China vs Inggris
  • Haiti vs Denmark

Inggris hanya membutuhkan satu poin melawan China untuk maju sebagai juara Grup D.

China dan Denmark saat ini memiliki poin yang sama, selisih gol dan jumlah gol yang dicetak. Denmark berada di peringkat lebih tinggi di grup dengan rekor head-to-head setelah mereka mengalahkan tim Asia 1-0 jadi hanya perlu lebih baik dari hasil China untuk lolos.

Jika China dan Denmark menang, mereka dan Inggris, semuanya akan memiliki enam poin. Selisih gol, gol yang dicetak, dan rekor head-to-head bisa ikut bermain. Atau, jika keadaan sangat ketat, maka poin permainan yang adil akan diundi.

Ini juga bisa terjadi jika Inggris dan Haiti menikmati kesuksesan, karena akan meninggalkan Denmark, Cina, dan Haiti dengan tiga poin.

Grup E (Amerika Serikat, Belanda, Portugal, Vietnam)

Pertandingan 1/8/2023:

  • Portugal vs Amerika Serikat,
  • Vietnam vs Belanda

Amerika Serikat dan Belanda sama-sama akan lolos jika terhindar kekalahan. AS saat ini unggul selisih gol, jadi akan memenangkan Grup E jika mereka menyamai atau lebih baik dari hasil Belanda.

Portugal akan mencapai babak 16 besar pada debut kompetisi mereka jika mereka membuat kejutan terbesar dalam sejarah Piala Dunia Wanita dengan  mengalahkan juara bertahan AS.

Mereka juga bisa lolos jika seri dan Belanda menderita kekalahan yang tidak mungkin dari Vietnam yang sudah tersingkir.

Grup F (Prancis, Jamaika, Brasil, Panama)

Pertandingan 2/8/2023 :

  • Jamaika vs Brasil
  • Panama vs Prancis

Prancis akan lolos ke babak 16 besar jika mereka terhindar dari kekalahan melawan Panama yang tersingkir, dan akan memenangkan grup dengan kemenangan, kecuali Jamaika yang berada di posisi kedua mengalahkan Brasil dengan selisih yang lebih besar.

Jamaika akan membuat kejutan bersejarah dan menyingkirkan Brasil jika mereka menghindari kekalahan melawan tim asuhan Pia Sundhage itu.

Mereka masih bisa maju jika kalah, tetapi hanya jika Prancis menderita kekalahan dengan jumlah gol yang lebih banyak.

Brasil akan lolos jika mereka mengalahkan Jamaika, atau jika mereka seri dan Prancis kalah.

Grup G (Swedia, Italia, Afrika Selatan, Argentina)

Pertandingan 2/8/2023: 

  • Argentina vs Swedia
  • Afrika Selatan vs Italia

Swedia telah mengamankan tempat mereka di babak 16 besar dan satu poin melawan Argentina akan cukup untuk menyegel posisi teratas mereka. Italia akan maju ke babak sistem gugur jika mereka mengalahkan Afrika Selatan, atau jika mereka seri dan Argentina gagal mengalahkan Swedia.

Argentina dan Afrika Selatan sama-sama membutuhkan kemenangan untuk memiliki peluang lolos. Jika keduanya menang, selisih gol atau bahkan gol yang dicetak bisa menentukan siapa yang lolos.

Grup H (Kolombia, Jerman, Maroko, Korea Selatan)

Pertandingan 3/8/2923 :

  • Korea Selatan vs Jerman
  • Maroko vs Kolombia

Menyusul kemenangan luar biasa Kolombia atas Jerman, mereka kini hanya butuh satu poin melawan Maroko untuk memuncaki Grup H.

Jerman masih berada di posisi yang baik berkat keunggulan selisih gol mereka yang besar atas Maroko, yang berarti mereka akan lolos jika mereka menyamai atau lebih baik dari hasil tim Afrika utara.

Kesalahan apa pun dari Jerman bisa memungkinkan Maroko masuk. Korea Selatan, sementara ini perlu mengalahkan Jerman dengan lima gol dan berharap Maroko kalah di Piala Dunia Wanita 2023

Source : Times Indonesia

You may also like

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites. Buy Soledad now!

Wanita Berita, A Media Company – All Right Reserved.