Sunday, May 26, 2024
Sunday, May 26, 2024
Home » Iran Masih Wajibkan Perempuan Berjilbab di Tempat Umum

Iran Masih Wajibkan Perempuan Berjilbab di Tempat Umum

by Maria Bisri
0 comment

 Mahsa Amini ditangkap di Ibu Kota Iran Tehran karena diduga melanggar aturan negara terkait cara berpakaian untuk perempuan dan meninggal usai mengalami koma saat ditahan pada 16 September tahun lalu.

Kematian Mahsa Amini tersebut menimbulkan reaksi keras dari masyarakat Iran dan memicu terjadinya gelombang besar demonstrasi.

Gelombang demonstrasi dimulai terjadi di Kurdistan asal provinsi Mahsa Amini yang kemudian menyebar ke 31 provinsi Iran.Puluhan warga diyakini telah terbunuh dan sebagian lainnya ditangkap oleh aparat keamanan. Sabtu (16/9), menjadi momentum peringatan satu tahun kematian perempuan berumur 22 tahun itu. Mahsa Amini telah menjadi simbol bagi perempuan dan perjuangan atas hak-hak kebebasan di Iran. 

Isu mengenai jilbab dan hak-hak perempuan selalu menjadi perhatian utama demonstrasi yang terjadi di luar maupun dalam Iran.

Banyak perempuan Iran yang telah berubah cara berpakaiannya dengan tidak mengenakan jilbab.Tetapi, peraturan negara mewajibkan perempuan memakai jilbab sejak Revolusi Iran pada 1979 sesuai dengan hukum dan ajaran agama. Kini, pemerintah menggunakan kamera pintar untuk mengawasi dan mendeteksi pelanggaran di tempat umum maupun pada saat berkendara. Bagi perempuan yang ditemukan tidak mengenakan jilbab akan dihukum sesuai undang-undang.

Bahkan, undang-undang jilbab yang baru bisa menghukum pelanggar hingga sepuluh tahun segera diratifikasi oleh parlemen Iran.

Sumber : Kaltimpost

You may also like

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites. Buy Soledad now!

Wanita Berita, A Media Company – All Right Reserved.