Tuesday, November 28, 2023
Tuesday, November 28, 2023
Home » Kasus Aborsi Janin Perempuan Sangat Tinggi, India Janjikan Tunjangan bagi Orang Tua

Kasus Aborsi Janin Perempuan Sangat Tinggi, India Janjikan Tunjangan bagi Orang Tua

by Vanny Jaelani
0 comment

Setidaknya 9 juta janin perempuan telah dibunuh di India antara tahun 2000 dan 2019, menurut perkiraan Pew Research Center. Sejumlah rencana tersmasuk tunjangan tinggi siap diberikan kepada orang tua untuk mencegah praktik itu. Melansir dari Arab News, Sabtu (7/10/2023), negara bagian India utara Himachal Pradesh telah mengumumkan rencana skema tunjangan yang menawarkan Rp30 juta kepada orang tua dari anak perempuan. Tujuannya untuk memberantas praktik aborsi janin perempuan.

Praktik ini, meskipun dilarang, mengakibatkan penurunan rasio perempuan dibandingkan laki-laki. Data Kementerian Pengembangan Perempuan dan Anak-anak menunjukkan bahwa di Himachal Pradesh, rasio tersebut turun menjadi 932 per 1.000 pada tahun 2022-2023 dari 944 per 1.000 pada tahun 2020-21. Rasio ini jauh di bawah rata-rata nasional yaitu 1.020 perempuan untuk setiap 1.000 laki-laki.

Untuk menghentikan tren ini, pemerintah negara bagian telah mengumumkan Skema Perlindungan Anak Perempuan Indira Gandhi, yang dinamai sesuai dengan perdana menteri perempuan pertama India. “Keluarga yang mengadopsi perencanaan keluarga setelah kelahiran anak perempuan pertama akan mendapatkan Rp30 juta dan mereka yang mengadopsi perencanaan keluarga setelah anak perempuan kedua akan mendapatkan Rp15 juta sebagai insentif,” kata Kepala Menteri Himachal Pradesh, Sukhvinder Singh Sukhu.

Rasio antara laki-laki dan perempuan, terutama di wilayah pedesaan di India, telah lama menjadi masalah yang disoroti oleh aktivis hak asasi manusia. “Di beberapa desa di negara bagian ini, rasio jenis kelamin adalah masalah yang memprihatinkan dengan banyak anak laki-laki yang tidak dapat menemukan calon pengantin perempuan untuk dinikahi,” kata aktivis Nirmal Chandel.

Sumber : INews

You may also like

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites. Buy Soledad now!

Wanita Berita, A Media Company – All Right Reserved.