Saturday, June 8, 2024
Saturday, June 8, 2024
Home » Dharma Wanita Persatuan UIN Jakarta Gelar Seminar Pengelolaan Kesehatan Mental

Dharma Wanita Persatuan UIN Jakarta Gelar Seminar Pengelolaan Kesehatan Mental

by Syifa Fadhilah
0 comment

Dharma Wanita Persatuan (DWP)UIN Jakarta gelar seminar bertajuk “Cerdas Mengelola Stress dan Meraih Kebahagiaan Hidup” pada  Kamis (26/10/23) di Ruang Diorama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor UIN Jakarta Asep Saepudin Jahar, anggota DWP UIN Jakarta yang diketuai oleh Tati Nur Qomaryati. Selain itu hadir pula Dosen, Tenaga Kependidikan, Mahasiswa dari berbagai Fakultas, serta narasumber  Yunita Faela Nisa selaku Dekan Fakultas Psikologi,

Dalam sambutan singkatnya Rektor menjelaskan peranan perempuan dalam lini kehidupan, Ia menambahkan bahwa keberhasilan, ketenangan, kesuksesan dalam keluarga terletak pada nahkodanya yaitu  suami, dan keberhasilan seorang suami juga tidak terlepas dari peran seorang istri di dalamnya.

“Keberhasilan UIN Jakarta tidak lepas dari adanya peran perempuan yg terlibat untuk memajukan UIN Jakarta dengan berbagai perannya serta kontribusinya,”imbuhnya.

Ketua DWP UIN Jakarta , Tati Nur Qomaryati juga menyambut hangat para undangan yang datang pada kegiatan tersebut. Tati mengapresiasi adanya kegiatan seminar yang temanya sangat relevan dengan kehidupan, terutama pengelolaan kesehatan mental dalam menghadapi stress yang rentan terjadi pada kehidupan perempuan masa kini.

Sementara itu, Yunita Faela selaku narasumber membahas 3 hal penting dalam seminar ini yaitu bagaimana mampu mengenal diri dan kondisi kesehatan, mengenal stress, dan menciptakan bahagia.

“Menurut WHO, seseorang dikatakan sehat mental jika keadaannya sejahtera dimana ia mampu mengenali potensi dirinya, mampu mengahadapi tekanan hidup sehari-hari, produktif, dan mampu berkontribusi untuk sekitarnya,” jelasnya.

Faela juga memaparkan beberapa cara mengelola stress yang bisa dilakukan dengan olahraga, melakukan hobi, cukup istirahat, dan berdoa.  Ia memaparkan bahwa harus mengenali apa yang menjadi penyebab stress.

“Mengelola stress bisa dengan latihan fisik seperti olahraga, karena dengan olahraga akan melepaskan endorfin zat yang bisa membuat bahagia” ujarnya.

Selain itu, Faela menambahkan untuk mengelola stress bisa dengan cara lakukan hobi yang disukai “tentu saja lakukan hobi bisa menghilangkan stress dan penting adalah cukup istirahat dan banyak berdoa” tambahnya.

Kegiatan seminar diakhiri dengan sesi foto bersama dan pemberian doorprize bagi para peserta yang berhasil menjawab pertanyaan yang diberikan oleh panitia.

Sumber : UIN

You may also like

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites. Buy Soledad now!

Wanita Berita, A Media Company – All Right Reserved.