Saturday, April 20, 2024
Saturday, April 20, 2024
Home » Desa Tluwuk Pati Jadi Desa Ramah Perempuan dan Anak di Jateng

Desa Tluwuk Pati Jadi Desa Ramah Perempuan dan Anak di Jateng

by Novita Novianti
0 comment

Kabupaten Pati, Jawa Tengah, kini memiliki percontohan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPA). Desa tersebut adalah Desa Tluwuk, di Kecamatan Wedarijaksa.

DRPA merupakan program pemerintah pusat yang disinergikan untuk menguatkan program Desa Sejahtera (Destara) yang diinisiasi oleh Badan Kerja Sama Organisasi Wanita (BKOW) Jateng.

“Dasar pemikirannya, walaupun desanya sudah sejahtera tetapi tidak ramah perempuan dan kurang peduli anak, di mana sejahteranya,”  kata Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen, Selasa (6/6/2023).

Di Desa Tluwuk ini, masyarakat di dilatih dengan keterampilan untuk bisa meningkatkan ekonomi keluarga melalui pelatihan sesuai dengan kebutuhan dan potensi desanya.

Sedangkan pemerintah desa didorong menyelenggarakan tata kelola pemerintahan, pembangunan, serta pembinaan pemberdayaan masyarakat desa yang terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan.

Termasuk ramah terhadap perempuan serta peduli anak. “Sehingga, warga memiliki kemampuan untuk mencegah kekerasan terhadap perempuan dan perlindungan anak,” jelas Taj Yasin.

Guna memperkuat DRPA, kata wagub, di Desa Tluwah juga sudah dibentuk tim relawan Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA), yang tidak hanya menunggu datangnya laporan.

Namun secara aktif juga terjun langsung untuk melakukan pembinaan serta upaya pencegahan terhadap kekerasan perempuan dan pentingnya perlindungan kepada anak.

Tim juga diminta inisiatif jemput bola dengan melakukan sosialisasi, bekerja sama dengan pihak-pihak terkait. Sebab, banyak kekerasan perempuan yang terjadi, tapi tidak mencuat ke permukaan.

“Maka kolaborasi dengan komponen juga sangat penting agar di desa ini , benar-benar 0 persen kekerasan terhadap perempuan dan problem terhadap hak-hak anak,” ungkap wagub.

Sementara itu, Ketua Umum BKOW Jateng, Nawal Arafah Yasin menambahkan, program Destara sudah terlaksana di sejumlah kabupaten di wilayah Jateng.

Seperti Kabupaten Demak, Pemalang, dan Sragen. Tetapi belum banyak Destara yang disinergikan dengan program DRPA, kecuali di Pati.

Program Destara yang dikolaborasikan dengan DRPA, diharapkan bisa memberi hasil maksimal dalam mewujudkan kesejahteraan kepada masyarakatnya.

“Sehingga mampu berkontribusi menurunkan angka kemiskinan Jateng dan pada saat yang sama juga menekan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak,” tegas Nawal.

Sumber : Rejogja

You may also like

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites. Buy Soledad now!

Wanita Berita, A Media Company – All Right Reserved.