Saturday, June 8, 2024
Saturday, June 8, 2024
Home » Bikin Rambut Berkilau, Ini Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Rambut Sebelum Tidur

Bikin Rambut Berkilau, Ini Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Rambut Sebelum Tidur

by Nael Ghifary
0 comment

Ada ungkapan yang mengatakan bahwa rambut merupakan mahkota wanita, melalui ungkapan tersebut tak heran jika banyak wanita yang ingin mendapatkan rambut sehat dan berkilau. Berbagai cara dilakukan untukmendapatkan hasil rambut yang diinginkan, termasuk dengan melakukan perawatan mahal di salon. Namun, nyatanya Sahabat Fimela bisa menggunakan bahan alami sebagai masker untuk membuat rambut tampak sehat dan berkilau.

Salah satu bahan alami yang dapat digunakan adalah minyak zaitun. Penggunaan minyak zaitun untuk perawatan rambut telah digunakan selama ribuan tahun lalu, banyak yang mengklaim bahwa minyak ini dapat memberikan keliauan, kelembutan, hingga membuat rambut tampak lebih sehat.

Dilansir dari healthline.com minyak zaitun adalah bahan alami yang memiliki kandungan asam oleat, asam palmitat, dan squalene. Kandungan tersebut merupakan emolien yang memiliki erti sebagai kualitas pelunakan, kandungan ini juga seringkali digunakan untuk membuat sampo, kondisioner, hingga pomade.

Minyak zaitun juga dapat melembutkan dan memperkuat rambut dengan menembus batang rambut untuk menjaga kelembapannya. Kilauan rambut dari penggunaan minyak zaitun biasanya disebabkan oleh minyak yang menghaluskan kutikula luar sehingga membuat rambut tampak berkilau.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

Melansir dari healthshots.com berikut manfaat minyak zaitun untuk rambut, antara lain:

1. Menutrisi rambut

Minyak zaitun merupakan bahan alami yang dapat bekerja sebagai pelembap untuk mencegah kekeringan di rambut dan kulit kepala. Hal ini terjadi karena minyak zaitun mengandung semua nutrisi yang diperlukan untuk menutrisi rambut.

2. Menenangkan kulit kepala

Minyak zaitun merupakan bahan alami yang memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur, sehingga memiliki efek yang dapat memenangkan kulit kepala. Selain itu, efek pelembapnya dapat membantu mengurangi rasa gatal, mengatasi kekeringan, mengurangi ketombe, dan mengatasi folikel yang tersumbat. 

Folikel dan ketombe yang tersumbat menjadi penyebab utama kerontokan rambut. Oleh karena itu, penggunaan minyak zaitun sangat disarankan untuk Sahabat Fimela yang memiliki masalah rambut rontok.

3. Mengurangi produksi DHT

Produksi dihidrotestosteron (DHT) juga menjadi alasan utama dari kerontokan rambut yang dialami oleh Sahabat Fimela. Produksi DHT ini menyerang folikel dan membuat rambut menjadi melemah. Penggunaan minyak zaitun berguna untuk memblokir produksi hormon ini, sehingga membantu mengurangi kerontokan dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

4. Mencegah dan mengurangi kerusakan rambut

Minyak zaitun merupakan bahan alami yang kaya akan antioksidan yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Minyak zaitun dapat mencegah kerontokan dan mencegah rambut dari kerusakan, tak hanya itu minyak zaitun juga memiiki efek penguatan karena memiliki kandungan asam lemak omega yang dapat menjaga kerusakan dan kekeringan rambut.

Cara Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan bahan alami yang dapat digunakan sebagai masker rambut. Selain itu, penggunaan minyak ini dapat dilakukan sebelum tidur untuk melembapkan, menyehatkan, dan menambah kilauan rambut. 

Bagi Sahabat Fimela yang tertarik untuk menggunakan minyak zaitun, berikut cara penggunaannya seperti:

  1. Sahabat Fimela dapat menggunakan minyak zaitun sebanyak satu hingga dua sendok makan tergantung dengan panjang rambut Sahabat Fimela. Semakin panjang rambut yang dimiliki, semakin banyak penggunaan minyak zaitun.
  2. Oleskan minyak zaitun ke rambut dan kulit kepala.
  3. Lakukan pijatan selama beberapa menit jika Sahabat Fimela memiliki masalah kulit kepala yang kering.
  4. Tutup kepala menggunakan shower cap.
  5. Biarkan semalaman atau setidaknya enam jam sebelum dibilas.
  6. Setelah semalaman, buka kembali shower cap dan sisirlah rambut sebelum keramas menggunakan sisir bergerigi untuk menghilangkan minyak.
  7. Cuci rambut menggunakan air hangat.

You may also like

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites. Buy Soledad now!

Wanita Berita, A Media Company – All Right Reserved.