Sunday, April 21, 2024
Sunday, April 21, 2024
Home » 10 Pecatur Wanita Terbaik Dunia 2023, Mayoritas dari China dan Rusia

10 Pecatur Wanita Terbaik Dunia 2023, Mayoritas dari China dan Rusia

by Dela Marini
0 comment

TERDAPAT 10 pecatur wanita terbaik dunia, yang mana saat ini mayoritas dikuasai dari atlet China dan Rusia. Catur merupakan cabang olahraga (cabor) yang menggunakan akal dan pikiran sebagai senjata utamanya.

Sebab catur membutuhkan strategi yang baik untuk bisa mengalahkan lawannya. Sejauh ini sudah banyak pecatur yang membuktikan diri bahwa mereka memiliki daya strategi yang baik. Setidaknya saat ini sudah ada 10 pecatur dari pihak wanita. Lantas siaja?

Berikut adalah 10 pecatur wanita terbaik di dunia saat ini, berdasarkan peringkat FIDE per 10 Oktober 2023:

1. Ju Wenjun (China) – 2656 Elo

Ju Wenjun

Ju Wenjun adalah juara dunia wanita saat ini. Ia telah memenangkan gelar juara dunia wanita sebanyak tiga kali, pada tahun 2018, 2019, dan 2021. Ju Wenjun juga merupakan wanita pertama yang memenangkan turnamen Candidates Chess, yang merupakan turnamen kualifikasi untuk Kejuaraan Dunia Catur.

2. Katerina Lagno (Rusia) – 2633 Elo

Katerina Lagno adalah salah satu pecatur wanita paling konsisten di dunia. Ia telah memenangkan berbagai turnamen internasional, termasuk Kejuaraan Eropa Wanita pada tahun 2010 dan 2012. Lagno juga merupakan anggota tim nasional catur wanita Rusia, yang telah memenangkan medali emas Olimpiade Catur sebanyak lima kali.

3. Mariya Muzychuk (Ukraina) – 2623 Elo

Mary Muzychuk

Mariya Muzychuk adalah juara dunia wanita dua kali, pada tahun 2015 dan 2016. Ia juga merupakan wanita pertama yang memenangkan turnamen Candidates Chess wanita, yang merupakan turnamen kualifikasi untuk Kejuaraan Dunia Catur Wanita.

4. Anna Muzychuk (Ukraina) – 2597 Elo

Anna Muzychuk adalah saudara kembar dari Mariya Muzychuk. Ia juga merupakan juara dunia wanita dua kali, pada tahun 2013 dan 2014. Anna Muzychuk dikenal dengan gaya bermainnya yang agresif dan menyerang.

5. Alina Kashlinskaya (Rusia) – 2596 Elo

Alina Kashlinskaya

Alina Kashlinskaya adalah salah satu pecatur wanita muda paling berbakat di dunia. Ia telah memenangkan berbagai turnamen internasional, termasuk Kejuaraan Eropa Wanita pada tahun 2019. Kashlinskaya juga merupakan anggota tim nasional catur wanita Rusia.

6. Natalia Pogonina (Rusia) – 2588 Elo

Natalia Pogonina adalah salah satu pecatur wanita paling kreatif di dunia. Ia dikenal dengan gaya bermainnya yang inovatif dan tak terduga. Pogonina juga merupakan anggota tim nasional catur wanita Rusia.

7. Darya Semenova (Rusia) – 2586 Elo

Darya Semenova adalah salah satu pecatur wanita paling konsisten di dunia. Ia telah memenangkan berbagai turnamen internasional, termasuk Kejuaraan Eropa Wanita pada tahun 2021. Semenova juga merupakan anggota tim nasional catur wanita Rusia.

8. Alina Girya (Rusia) – 2582 Elo

Alina Girya adalah salah satu pecatur wanita paling teknikal di dunia. Ia dikenal dengan gaya bermainnya yang akurat dan terhitung. Girya juga merupakan anggota tim nasional catur wanita Rusia.

9. Zhao Xue (China) – 2577 Elo

Zhao Xue adalah salah satu pecatur wanita paling agresif di dunia. Ia dikenal dengan gaya bermainnya yang menyerang dan penuh perhitungan. Zhao Xue juga merupakan anggota tim nasional catur wanita China.

10. Zhongyi (China) – 2576 Elo

Zhongyi

Tan Zhongyi adalah salah satu pecatur wanita paling berbakat di dunia. Ia telah memenangkan berbagai turnamen internasional, termasuk Kejuaraan Asia Wanita pada tahun 2018. Tan Zhongyi juga merupakan anggota tim nasional catur wanita China.

Pecatur-pecatur wanita ini telah mencapai prestasi yang luar biasa dalam olahraga catur. Mereka telah menginspirasi banyak orang di seluruh dunia untuk bermain catur.

Sumber : Sports

You may also like

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites. Buy Soledad now!

Wanita Berita, A Media Company – All Right Reserved.