Thursday, April 25, 2024
Thursday, April 25, 2024
Home » Wujudkan Generasi Perempuan Tangguh, Kemen-PPPA Gandeng Aisyiyah

Wujudkan Generasi Perempuan Tangguh, Kemen-PPPA Gandeng Aisyiyah

by Dela Marini
0 comment

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen-PPPA) menjalin kerja sama dengan Pimpinan Pusat (PP) Aisyiyah berkaitan dengan penguatan kapasitas perempuan, ketahanan keluarga dan perlindungan anak.

Penandatanganan kerja sama itu dilakukan oleh Menteri PPPA, Bintang Puspayoga bersama Ketua Umum PP Aisyiyah di kampus UAD Jumat (19/5/2023).

Menurut Bintang dipilihnya PP Aisyiyah lantaran organisasi itu tersebar di seluruh Indonesia sampai ke tingkat paling bawah. Dengan begitu kerja sama ini tentunya dapat mempercepat program penguatan kapasitas perempuan, ketahanan keluarga dan perlindungan anak di seluruh Indonesia sampai di tingkat kecamatan, kelurahan dan juga desa.

“Kami harapkan semua jajaran Aisyiyah bisa berkolaborasi untuk mewujudkan perempuan yang tangguh sampai ke tingkat masyarakat paling bawah,” ujarnya.

Bintang memaparkan memasuki tahun politik ini isu kepemimpinan perempuan banyak disorot. Salah satunya adalah keterwakilan sebanyak 30% perempuan yang didaftarkan menjadi calon anggota legislatif.

Di sisi lain masih ada daerah yang meragukan kepemimpinan perempuan, padahal sudah banyak terbukti perempuan juga bisa berperan.  “Sejak era sebelum kemerdekaan perempuan sudah banyak yang terlibat dalam perjuangan dan kemerdekaan bangsa, tetapi perannya kerap kali didiskriminasi,” katanya. 

Bintang mengajak seluruh kader Aisyiyah untuk terus bergerak bersama menyadarkan banyak pihak bahwa kepemimpinan perempuan harus diapresiasi dan diberi ruang yang setara dengan laki-laki.  

“Kami harapkan model penguatan kapasitas perempuan bisa direplikasi oleh seluruh daerah dan perempuan yang berdaya bisa terwujud,” kata dia. 

Sementara Ketua Umum PP Aisyiyah Salmah Orbayinah menyebut, pihaknya mendukung program Kemen-PPPA yang bertujuan memberikan penguatan kapasitas perempuan, ketahanan keluarga dan perlindungan anak.

Sejalan dengan itu pihaknya juga turut mendorong agar program yang sesuai di organisasi itu untuk diterapkan secara bersama-sama. “Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan kepedulian Ibu Menteri. Kami dari Pimpinan Pusat Aisyiyah juga sangat peduli terhadap program-program pemberdayaan dan perlindungan terhadap perempuan dan anak. Program-program ini semoga bisa sejalan dengan program kementerian sehingga bisa saling kita kolaborasikan,” ungkap Salmah. 

Sumber : Jogjapolitan

You may also like

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites. Buy Soledad now!

Wanita Berita, A Media Company – All Right Reserved.