Wednesday, June 19, 2024
Wednesday, June 19, 2024
Home » Wanita Ini Punya Tabungan Rp 100 Juta Di Usia 20 Tahun Lewat Frugal Living, Rajin Beli Lauk Di Warteg

Wanita Ini Punya Tabungan Rp 100 Juta Di Usia 20 Tahun Lewat Frugal Living, Rajin Beli Lauk Di Warteg

by Saliha Vanesha
0 comment

Belakangan ini konsep frugal living lagi ramai diperbincangkan. Orang-orang yang menerapkan gaya hidup tersebut mulai membagikan bagaimana mengelola keuangan mereka sendiri, sehingga bisa mencapai apa yang diinginkan.

Kalau kemarin sempat viral ibu muda berusia 25 tahun bisa membeli mobil pertamanya, karena secara tidak langsung menerapkan gaya hidup ini. Kali ini datang dari seorang wanita karier yang bisa punya tabungan ratusan juta di usia 20 tahun. Bagaimana bisa?

Brilio.net merangkum pernyataan tersebut dari akun TikTok @hiqma_98 pada Selasa (4/7). Hiqma merupakan seorang wanita yang belum menikah dan sibuk meniti karier. Meskipun anak muda kerap diidentikan dengan gaya hidup foya-foya, namun berbeda dengan Hiqma. Wanita satu ini justru sudah punya tabungan ratusan juta di usia yang masih muda.

20 tahun punya 100 juta © TikTok

“Hai aku Hiqma, kaum Gen Z yang bakal kasih tips kamu, cara jadi kaya lewat jalur hemat. Alhamdulillah-nya aku bisa mencapai Rp 100 juta pertama di usia 20 tahun,” ujarnya dalam video.

Berdasarkan pengakuannya, tabungan itu bisa terkumpul berkat konsep frugal living yang diterapkan di kehidupan Hiqma sehari-hari. Frugal living atau hidup hemat adalah sebuah gaya hidup yang tidak banyak orang tahu, namun dapat memberikan banyak manfaat dalam mengatur keuangan dan memaksimalkan pengeluaran.

foto: TikTok/@hiqma_98

Dengan menerapkan prinsip ini, kamu bisa menghemat uang, mengurangi pemborosan, dan menciptakan kestabilan finansial jangka panjang. Dari gaya hidup hemat ini, Hiqma hanya menghabiskan pengeluarannya sekitar 10-15 persen dari penghasilannya yang sudah dua digit.

“Aku yang bergaji dua digit aja tapi tetep masih frugal living,” katanya dalam postingan lain.

foto: TikTok/@hiqma_98

Lantas bagaimana Hiqma mengalokasikan dana untuk biaya kehidupannya sehari-hari? Dalam satu bulan, Hiqma ternyata hanya menghabiskan uang Rp 1,5 juta per bulan untuk kebutuhannya, lho. Budget di bawah Rp 2 juta itu dihabiskan untuk uang kos sebesar Rp 700 ribu, sementara biaya makan dan sehari-hari hanya menghabiskan sebesar Rp 800 ribu.

Untuk makan, Hiqma lebih senang membeli lauk di warteg yang memang murah. Sementara nasinya dia memilih masak sendiri dan menghabiskan 5 kilo tiap bulan. Wanita berhijab ini punya prinsip yang tampaknya jarang dimiliki orang-orang pada umumnya.

“Ya prinsipku, kalau sudah makan tiga kali sehari nasi, nggak perlu jajan” katanya.

Dari sanalah Hiqma bisa menghemat uang yang dimilikinya untuk dijadikan saving money. Dari uang Rp 1,5 juta tadi, sisa uang yang sebesar Rp 100 ribu baru dipakai untuk jajan. Menurutnya, gaya hidup frugal living ini bisa diterapkan untuk siapa saja, termasuk yang sudah berumah tangga dan memiliki tiga anak sekalipun.

foto: TikTok/@hiqma_98

Video yang diunggah oleh Hiqma ini cukup menarik atensi warganet. Lewat kolom komentar, mereka memberikan tanggapannya seputar frugal living maupun tips yang diberikan oleh Hiqma. Tentu saja ada yang pro juga kontra mengenai hal tersebut. Kalau kamu bagaimana, nih?

800rb per bulan buat 1 orang? mahal mbak. jaman gw masih gadis budget 1 hari makan 12rb aja. kalo sekarang mungkin bisa di kisaran 20rb per hari,” komentar nuraishafathiya.

Aku emak anak tiga dan aku menerapkan konsep frugal living, 2 tahun kebangun rumah tanpa hutang ke bank atau saudara,” ujar SkincareSR12.

Frugal living versi aku beli barang berkualitas… ngga apa2 mahal tapi bisa dipakai awet bertahun2 mungkin jg diksh ke anak pas gede,” imbuh innebeauty04.

Frugal tuh bahasa barunya aja deh keknya intinya mah hemat & sadar melek atur Keuangan supaya masa tua aman,” timpal Stef RH.

Source : Brilio

You may also like

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites. Buy Soledad now!

Wanita Berita, A Media Company – All Right Reserved.