Friday, February 3, 2023
Friday, February 3, 2023
Home » Tips Agar Make Up Tahan Lama Seharian

Tips Agar Make Up Tahan Lama Seharian

by Anisah Restiandari
0 comment



Apa rahasianya make up tahan lama? Terkadang setelah menggunakan make-up yang cantik dan mengangkat kepercayaan diri sendiri untuk bepergian, tetapi setelah setengah hari di luar, make up terasa luntur dan mulai hilang.

Beberapa mungkin berpikiran bahwa kulit berminyak lebih susah untuk mempertahankan make up, namun kulit kering juga memiliki permasalahan yang sama. Hal ini juga karena dalam keseharian kita harus menggunakan masker.

Foto: Ilustrasi Skincare (freepik.com photo by senivpetro)

Tentunya dalam mempertahankan make up tahan lama, ada beberapa langkah yang dapat diikuti. Langkah berikut merupakan rahasia atau tips dari make up artis senior dari MAC Cosmetics, Dominic Skinner beserta makeup artis Zoe Taylor and Sophie Pasola.

Mereka mengatakan kunci make up tahan lama adalah memulai dari memilih base atau dasar yang benar hingga rutinitas skincare dan teknik aplikasi yang benar. Berikut langkah-langkahnya:

1. Perhatikan kandungan dan persiapan sebelum menggunakan foundation

Menurut Dominic Skinner, untuk mempertahankan make up base yang benar adalah 70% persiapan dan 30% mengaplikasikan. Persiapan sebelum foundation merupakan hal yang penting dibandungkan cara aplikasinya.

Menggunakan pelembab yang terlalu berat dapat membuat foundation  luntur. Atau bisa juga pelembut dan foundation yang digunakan menghasilkan tekstur yang terlalu tebal sehingga tidak menempel di kulit.

Jika tipe kulit yang kering dapat menggunakan pelembab yang berat tetapi harus diikuti dengan foundation yang ringan dan oil-free agar seimbang. Ini juga berlaku sebaliknya bagi yang memiliki kulit berminyak.

Tentunya tidak lupa untuk menggunakan primer, karena fungsinya yang mempertahankan dan mengikat erat make up dengan wajah.

2. Beralih dari menggunakan tangan

Ilustrasi menggunakan make up. (Foto: Pexels/Adrienn)

Salah satu masalah yang membuat make up tidak tahan adalah cara mengaplikasikan foundation. Zoe Taylor tidak menyarankan menggunakan tangan untuk memakai foundation karena minyak yang di tangan dapat merusak formula. Namun, hal ini juga tergantung dengan diri masing-masing ada yang cocok menggunakan tangan ada yang  tidak.

3. Foundation yang tidak cocok

Kalau kamu sudah mengikuti cara yang sudah disebutkan dan menggunakan primer sebagus apapun, kalau kulit tidak cocok dengan foundation dapat merusak make up. Terutama ketika foundation terlihat patchy atau bersisik hal ini bisa terjadi ketika kondisi kulit kering dan tidak bisa membedakan mana make up dan pelembab. Sehingga kulit menyerap kelembapan dan minyak terkandung dalam foundation.

4. Jangan fokus pada kulit wajah saja

Jangan hanya fokus untuk mempertahankan make up di wajah karena mata juga berminyak yang mempengaruhi ketahanan make up. Kalau kamu ingin eyeshadow bertahan, jangan lupa untuk  menggunakan primer di mata. Selain itu, bibir juga perlu siapkan sebelum menggunakan lipstik agar tahan lama yaitu mengunakan scrub agar tidak pecah-pecah.

5. Menggunakan produk terlalu banyak

Mungkin kamu berpikiran kalau menggunakan produk lebih banyak akan meningkatkan ketahanan, namun itu salah dan bukan hal yang baik untuk kulit. Dalam menggunakan make up lebih baik untuk mengguanakn produk secukupnya, seperti dengan bedak.

Selain langkah-langkah tersebut, para pecinta make up wajib memiliki tiga produk ini, setting spray, cream atau liquid concealer dan bedak translucent untuk mengunci make up yang sudah di aplikasikan pada wajah.

Sumber : ThePhrase

You may also like

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites. Buy Soledad now!

Wanita Berita, A Media Company – All Right Reserved.