Sunday, April 21, 2024
Sunday, April 21, 2024
Home » Sederet Kesalahan Saat Mandi yang Bisa Bikin Kulit Berjerawat, Yakin Nggak Pernah Mengalaminya?

Sederet Kesalahan Saat Mandi yang Bisa Bikin Kulit Berjerawat, Yakin Nggak Pernah Mengalaminya?

by Nina Salma
0 comment

Setelah seharian bekerja atau melakukan olahraga yang bikin tubuh berkeringat, mandi menjadi rutinitas penting yang berperan untuk membersihkan tubuh. Selain itu, ritual yang satu ini juga dapat membuat tubuh lebih segar sehingga kamu bisa makin nyaman saat beristirahat atau menjalani aktivitas lainnya. Namun, tahukah kamu jika dilakukan dengan cara yang salah, mandi malah bisa memicu pertumbuhan jerawat yang makin parah?

Faktanya, ada beberapa kesalahan saat mandi yang rentan dilakukan dan memicu jerawat bandel yang mengganggu. Cari tahu lebih lanjut dulu yuk, yakin nggak pernah mengalaminya?

Nggak Membersihkan Wajah Terlebih Dulu Sebelum Mandi

Siapa di sini yang langsung masuk ke kamar mandi tanpa membersihkan wajah terlebih dulu? Ini dia salah satu penyebab munculnya jerawat muncul di wajah karena nggak dibersihkan secara optimal.

Biarpun dalam kondisi lelah, jangan lupa melakukan ritual membersihkan wajah terlebih dulu. Rutinitas skincare ini sangat penting untuk mengangkat kotoran, sisa makeup, hingga minyak yang menyumbat pori-pori secara menyeluruh sehingga wajah pun bebas dari risiko berjerawat.

Salah Pilih Produk Sabun yang Digunakan

Sabun yang digunakan untuk mandi sebaiknya juga nggak boleh dipilih dengan sembarangan. Penggunaan produk yang kurang sesuai ternyata bisa menyebabkan berbagai masalah kulit, nggak terkecuali jerawat yang muncul di area dada dan punggung.

Jadi, penting untuk memastikan kalau produk sabun yang digunakan sesuai dengan jenis kulit. Misalnya saja produk sabun yang mild untuk pemilik kulit sensitive, tidak mengandung alkohol dan bahan lain yang dapat memicu kulit sensitif.  

Tidak Membersihkan Tubuh Secara Menyeluruh

Kesalahan lain yang sering dilakukan ketika mandi adalah tidak membersihkan tubuh secara menyeluruh, terlebih di area yang sulit dijangkau seperti punggung. Kotoran dan minyak yang menumpuk di area punggung inilah yang bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat di sekitar punggung.

Untuk mencegah hal tersebut, jangan lupa untuk membersihkan tubuh secara menyeluruh. Gunakan bantuan body brush khusus untuk menjangkau area yang sulit seperti punggung. Dengan begitu, tubuh bisa bersih maksimal.

Menggunakan Handuk Kotor

Ini dia salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan saat mandi. Tidak mengganti handuk secara rutin bisa membuat benda tersebut menjadi tempat tumbuhnya jamur dan bakteri yang bisa menyebabkan masalah kulit. Nggak hanya bikin kulit terasa gatal saja, handuk yang kotor juga bisa menyebabkan pertumbuhan jerawat baik itu di area wajah, dada, hingga punggung.

Jadi, pastikan mengganti handuk yang digunakan secara rutin. Idealnya, ganti handuk setelah 3-4 kali pemakaian untuk menjaganya tetap bersih, sehingga tidak menimbulkan masalah kulit yang mengganggu.

You may also like

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites. Buy Soledad now!

Wanita Berita, A Media Company – All Right Reserved.