Sunday, April 21, 2024
Sunday, April 21, 2024
Home » Pernikahan Dini Masih Marak, Simak Usia Ideal Wanita untuk Melahirkan Menurut Dokter Obgyn

Pernikahan Dini Masih Marak, Simak Usia Ideal Wanita untuk Melahirkan Menurut Dokter Obgyn

by Jesica Larashaty
0 comment

Di era modern seperti sekarang, kasus pernikahan dini masih marak terjadi di sejumlah tempat.

Pernikahan dini di Indonesia memang sudah tidak asing di dengar.

Tak hanya pada masyarakat desa, sejumlah masyarakat perkotaan pun kerap terjadi kasus pernikahan dini.

Tak perlu jauh-jauh, sebut saja Kota Depok. Angka pernikahan dini di Depok dapat dibilang cukup tinggi.

Beragam faktor menjadi pemicu remaja di Kota Depok memutuskan untuk menikah meski masih berusia dini.

Faktor pertama adalah menyoal kepercayaan dan keyakinan. Enjat mengatakan masih ada orang tua yang sangat percaya dengan omongan para kiai, menyoal pernikahan anaknya.

Selanjutnya, ada juga faktor pernikahan karena hamil duluan atau yang biasa disebut married by accident (MBA).

Kemudian, faktor lainnya adalah ketika seseorang tidak menempuh pendidikan, tidak bekerja, namun dalam kondisi itu ia menemukan pasangannya.

Namun, pernikahan dini amat tidak disarankan baik oleh tenaga kesehatan maupun pemerintah.

Pasalnya di usia yang terlalu dini, kondisi fisik maupun mental dianggap belum matang dan belum mampu untuk membina rumah tangga.

Terlebih bagi perempuan yang nantinya akan merencanakan hamil dan melahirkan.

Lantas, berapakah usia ideal wanita untuk hamil dan melahirkan?

Penjelasan Dokter Obgyn

“Usia ideal hamil dan melahirkan berada di kisaran 20-30 tahun. Di antara usia ini, angka kematian ibu dan anak terkait kehamilan persalinan adalah yang paling rendah,” ujarnya Kamis, (4/5/2023).

Ia mengungkapkan, apabila wanita melahirkan saat berada pada usia di bawah 20 tahun ataupun di atas 35 tahun, maka akan memiliki risiko tinggi terkait dengan ibu dan calon bayi.

Wawang mengatakan, pada usia di bawah 20 tahun, yang paling sering terjadi adalah proses persalinan yang tidak lancar atau macet karena panggul belum memadai.

Risiko lainnya adalah terjadi hipertensi dalam kehamilan, khususnya preeklamsia-eklamsia serta risiko mengalami keguguran jauh lebih tinggi.

“Sementara itu, wanita yang melahirkan di atas usia 35 tahun, biasanya sering disertai penyakit sistemik (diabetes melitus, hipertensi, dan lainnya), dan adanya risiko penyakit cacat bawaan,” jelasnya.

Jadi, selama melahirkan pada rentang usia 20-35 tahun, ibu dan calon bayi memiliki risiko yang lebih rendah mengalami kecacatan.

Bahaya melahirkan di usia muda

Senada, Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi RSIA Anugerah Semarang Indra Adi Susianto menyampaikan, ada kehamilan yang memiliki risiko tinggi, yaitu terlalu muda dengan usia kurang dari 20 tahun dan terlalu tua usia di atas 35 tahun untuk kehamilan pertama.

“Selain itu, terlalu sering melahirkan anak dengan jarak kehamilannya kurang dari 2 tahun juga memiliki risiko tinggi,” katanya, terpisah.

Ia menyampaikan, kehamilan pada usia muda atau remaja dapat berisiko sebagai berikut:

  • Kelahiran prematur
  • Berat badan bayi lahir rendah (BBLR)
  • Perdarahan persalinan yang dapat meningkatkan kematian ibu dan bayi

Indra mengungkapkan, persalinan pada ibu di bawah usia 20 tahun memiliki kontribusi dalam tingginya angka kematian neonatal, bayi, dan balita.

“Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2012 menunjukan bahwa angka kematian neonatal, postneonatal, bayi dan balita pada ibu yang berusia kurang dari 20 tahun lebih tinggi dibandingkan pada ibu usia 20-39 tahun,” ungkapnya.

Menurutnya, pernikahan pada usia muda berisiko karena belum cukupnya kesiapan dari aspek kesehatan, mental emosional, pendidikan, sosial ekonomi, dan reproduksi.

Selain itu, pendewasaan usia juga berkaitan dengan pengendalian kelahiran karena lamanya masa subur perempuan terkait dengan banyaknya anak yang akan dilahirkan.

Sumber : Tribun

You may also like

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites. Buy Soledad now!

Wanita Berita, A Media Company – All Right Reserved.