Monday, February 26, 2024
Monday, February 26, 2024
Home » Perempuan Jembrana Dikenalkan Kompor Induksi, Dukung Hemat Energi dan Edukasi Perempuan Jembrana

Perempuan Jembrana Dikenalkan Kompor Induksi, Dukung Hemat Energi dan Edukasi Perempuan Jembrana

by Syifa Fadhilah
0 comment

Kementerian PPPA dan Kementerian ESDM melalui PEM AKAMIGAS dan PPSDM KEBTKE serta Pemerintah Kabupaten Jembrana mengadakan Pelatihan Penghematan Energi dan Pengenalan Teknis Penggunaan Kompor Listrik di Hotel Jimbawarna, Jembrana, Senin 5 Juni 2023.

Pelatihan tersebut diikuti sebanyak 75 peserta dengan kategori kelompok rentan baik perempuan yang menjadi kepala keluarga, perempuan penyintas bencana dan perempuan penyintas kekerasan serta perempuan penyintas TPPO.

Tujuannya, untuk membekali para perempuan kelompok target tentang tata cara dan upaya penghematan energi dan keselamatan penggunaan kompor listrik .

Tujuannya agar dapat meningkatkan peran perempuan dalam penghematan energi dan mendukung program konservasi energi nasional.

Sebab, saat ini diketahui ketahanan energi merupakan isu besar yang saat ini menjadi perhatian global.

Ketahanan ini mencakup ketersediaan energi, akses atas energi dan keberlanjutan energi itu sendiri. Sebagai kelompok dengan jumlah hampir 50 persen dari total penduduk yang ada, perempuan memiliki potensi kontribusi yang sama dengan laki-laki baik dalam hal penyediaan, akses dan konservasi energi. 

“Sebagai kelompok yang menjalankan peran gendernya sebagai pengurus keluarga, kontribusi perempuan menjadi penting dalam konservasi energi mengingat perempuanlah yang selama ini menjadi tulang punggung terdepan dalam mengatur penggunaan energi sektor rumah tangga,” jelas Staf Ahli Menteri Bidang Pembangunan Keluarga Kementerian PPPA, Indra Gunawan dalam pembukaan acara tersebut. 

Indra melanjutkan, hal ini yang kemudian menjadikan perempuan sebagai agen konservasi energi nasional. Apalagi, perempuan terutama di Kabupaten Jembrana ini memiliki peran yang sama untuk membentuk pola konsumsi energi masa depan. 

” Perempuan juga memiliki potensi membentuk pola konsumsi energi masa depan jika dilihat perannya sebagai pendidik utama dalam keluarga masing-masing,” imbuhnya.

Sementara itu, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Jembrana, I Gusti Ngurah Sumber Wijaya mengatakan, kegiatan ini sangat penting dan tentunya bermanfaat bagi para perempuan di Jembrana. 

“Jembrana saat ini sedang terus mengembangkan kebijakan yang fokus pada keterlibatan masyarakat dalam pembangunan dan perempuan menjadi salah satu fokus target pembangunan itu sendiri, kami selalu mendorong keterlibatan dan kontribusi perempuan termasuk dalam pembangunan ketahanan energi di Kabupaten Jembrana,” kata Ngurah Sumber saat mewakili Bupati Jembrana.

Selain itu, kata dia, pihaknya sangat mengapresiasi kepada Kementrian PPPA RI yang sudah memberikan kesempatan kepada perempuan Jembrana untuk mengikuti kegiatan pelatihan.

“Kami berterima kasih kepada Kementerian PPPA, Kementerian ESDM (PEM AKAMIGAS dan PPSDM KEBTKE) yang telah menjadikan Kabupaten Jembrana sebagai tempat dan lokus penyelenggaraan kegiatan. Ini tentunya akan memberikan manfaat besar kepada para perempuan Jembrana dan pembangunan di Kabupaten Jembrana secana umum,” tandasnya.

Sumber : Tribun

You may also like

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites. Buy Soledad now!

Wanita Berita, A Media Company – All Right Reserved.