Saturday, June 22, 2024
Saturday, June 22, 2024
Home » Pemkot Metro Jamin Perlindungan Perempuan dan Anak

Pemkot Metro Jamin Perlindungan Perempuan dan Anak

by Jesica Larashaty
0 comment

Pemerintah Kota (Pemkot) Metro terus berupaya memberikan jaminan perlindungan bagi perempuan dan anak. Hal tersebut merupakan target pembangunan nasional yang harus dilakukan di setiap kelurahan di Bumi Sai Wawai. 

Asisten I Pemkot Metro, Supriyadi, mengatakan saat ini Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DPPAPPKB) Metro gencar memberitakan sosialisasi Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak (KRPPA).

Di mana, pemberdayaan perempuan dan anak sangat dibutuhkan di setiap kelurahan yang terpadu antar sektor. Sehingga, membutuhkan komitmen pemerintah agar bisa terwujud. 

“Kesepakatan dan komitmen dari unsur kelurahan diperlukan agar perempuan dan anak dapat berpartisipasi secara aktif dalam pengambilan keputusan hal strategis di kelurahan,” kata dia, Jumat, 08 Desember 2023.

Dia menambahkan, pengembangan KRPPA bertujuan untuk mempercepat terwujudnya menyelesaikan 5 isu prioritas PPA Tahun 2020-2024.

Diantaranya, peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan perspektif gender, peningkatan peran ibu dan keluarga dalam pendidikan atau pengasuh anak, penurunan kekerasan terhadap perempuan dan anak dan penurunan angka pekerja anak. Serta, mencegah perkawinan anak. 

“Lagi-lagi soal perkawinan anak. Ini menjadi pembahasan pokok dimana banyak tahap hingga calon pengantin bisa mendapatkan wawasan yang baik,” tambahnya. 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas PPPAPPKB Metro, Wahyuningsih, mengungkap tujuan dari dilakukannya sosialisasi merupakan hasil tindak lanjut program Menteri PPPA.

“Jadi, ini merupakan program turunan dari pusat. Kami berkomitmen akan menjadi sebuah kelurahan ramah perempuan dan peduli anak,” kata dia. 

Dia menyebut, di 2021 sudah diajukan SK Walikota dan sudah ditandatangani yaitu SK nomor 708/KTPS/D-8/2023  total 22 kelurahan di Metro sudah menjadi kelurahan ramah perempuan dan peduli anak.

“Jadi kita untuk pelaksanaan di bawah, 22 kelurahan ini sudah menjadi kelurahan kampung KB dan bersinergi karena tujuan kita pemberdayaan perempuan dan anak. Kemudian pencegahan stunting kegiatannya sudah terkolaborasi dengan baik di Metro,” pungkasnya. 

Sumber : Lampost

You may also like

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites. Buy Soledad now!

Wanita Berita, A Media Company – All Right Reserved.