Monday, March 4, 2024
Monday, March 4, 2024
Home » Pemberdayaan Perempuan, Kunci Bangkitnya Pertumbuhan Ekonomi dan Bisnis

Pemberdayaan Perempuan, Kunci Bangkitnya Pertumbuhan Ekonomi dan Bisnis

by Elvina Sabrina
0 comment

Pembangunan ekonomi dan bisnis adalah proses perencanaan dan pelaksanaan inisiatif dan strategi untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan. Tujuan utamanya adalah menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat dan memperkuat kekuatan dunia usaha. Inisiatif dan strategi tersebut mencangkup berbagai aspek, salah satunya adalah pemberdayaan perempuan. Peran perempuan dalam pengembangan ekonomi dan bisnis sangat penting dan terus berkembang seiring dengan perubahan sosial dan budaya.

Negara yang maju dapat terbentuk dari rasa pedulinya terhadap berbagai isu, salah satunya adalah isu pemberdayaan perempuan. Michelle Obama mengatakan, “Tidak ada negara yang bisa benar-benar berkembang jika menghambat potensi perempuannya dan menghilangkan kontribusi dari separuh warganya.”

Pemberdayaan perempuan di Indonesia memainkan peran penting dalam pengembangan ekonomi dan bisnis. Di Indonesia, telah banyak perempuann tangguh yang berada pada posisi kepemimpinan, Indonesia juga terus mengakui dan merangkul peran penting perempuan dalam pengembangan ekonomi dan bisnis.

Namun terdapat Masalah utama dalam usaha pemberdayaan perempuan yaitu kesetaraan gender, mengingat peran serta perempuan dalam bidang ekonomi masih tergolong rendah , pasalnya saat ini tingkat partisipasi perempuan di tempat kerja masih rendah yaitu hanya mencapai 54%, sedangkan laki-laki sudah 82%. Untuk itu pemerintah melakukan banyak upaya untuk mengatasi kesenjangan gender seperti pengadaan Bantuan Program Keluarga Harapan, bantuan sembako dan bantuan langsung tunai, berhubungan dengan peranan perempuan yang mengatur keuangan rumah tangganya, bantuan sosial itu tidak disalurkan melalui tangan kaum laki-laki. Langkah ini menjadi kebijakan yang baik untuk mempercepat pengembangan ekonomi Indonesia. Negara harus peduli pada perempuan dan memberikan jalur-jalur yang dapat mendukung terciptanya kesetaraan gender. Dengan memberikan ruang bagi perempuan untuk berkarya, maka negara dapat mencapai kemajuan

Saat ini Perekonomian Indonesia sudah lebih baik, Negara telah memberikan kesempatan yang lebih luas dan lebih baik kepada perempuan. Hampir 54 persen pelaku UMKM di Indonesia adalah kaum perempuan. Dalam bidang investasi, kontribusi kaum perempuan 60 persen. Di Indonesia, peranan perempuan dalam perekonomian semakin hari makin signifikan. Pada sektor Usaha Menengah, Kecil, dan Mikro (UMKM), 53,76% pelakunya perempuan dan 97% pekerjanya pun perempuan. Sementara itu, kontribusi UMKM dalam perekonomian nasional ialah 61%. Pada bidang investasi, kontribusi perempuan 60%. Dengan memberikan ruang dan dukungan yang cukup, perempuan dapat terus memainkan peran yang lebih besar dalam pengembangan ekonomi dan bisnis juga dapat menciptakan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi global.

Peran wanita dalam pengembangan ekonomi dan bisnis sangat penting dan terus berkembang seiring dengan perubahan sosial dan budaya. Beberapa peran utama wanita dalam konteks ini melibatkan :

Partisipasi di Pasar Tenaga Kerja, Wanita berperan sebagai anggota pasar tenaga kerja. Mereka tidak hanya berperan sebagai pekerja tetapi juga sebagai pemimpin di berbagai tingkatan organisasi.
Wirausaha, dengan semakin aktif  dalam wirausaha dan penciptaan usaha kecil dan menengah (UKM). Nantinya mereka dapat  mendirikan perusahaan baru, menciptakan lapangan kerja, dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional.
Pendidikan dan Keterampilan, dengan cara Peningkatan pendidikan dan keterampilan wanita mendukung peningkatan kapasitas kerja dan inovasi dalam berbagai sektor ekonomi.


Bisnis Berkelanjutan dan Sosial, perempuan dapat terlibat dalam bisnis berkelanjutan dan proyek-proyek sosial yang bertujuan untuk memberikan dampak positif pada masyarakat dan lingkungan. Mereka cenderung lebih memperhatikan aspek keberlanjutan dalam pengambilan keputusan bisnis.


Pemberdayaan Ekonomi, program pemberdayaan ekonomi wanita, seperti pelatihan keterampilan, akses ke modal, dan dukungan bisnis, dapat membantu meningkatkan peran dan kontribusi wanita dalam ekonomi.
Melalui langkah-langkah ini, pemberdayaan perempuan di Indonesia tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi perempuan itu sendiri tetapi juga memberikan kontribusi signifikan pada pertumbuhan ekonomi dan bisnis secara keseluruhan. Seiring waktu, implementasi inisiatif pemberdayaan perempuan akan memainkan peran penting dalam mencapai pengembangan ekonomi dan bisnis di Indonesia.

Sumber : Kompasiana

You may also like

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites. Buy Soledad now!

Wanita Berita, A Media Company – All Right Reserved.