Tuesday, June 18, 2024
Tuesday, June 18, 2024
Home » Ini Daftar Manfaat Air Rebusan Daun Sirih untuk Kesehatan Wanita

Ini Daftar Manfaat Air Rebusan Daun Sirih untuk Kesehatan Wanita

by Nael Ghifary
0 comment

Ini Daftar Manfaat Air Rebusan Daun Sirih untuk Kesehatan Wanita

Daun sirih ternyata banyak mengandung manfaat khususnya untuk wanita.

Daun sirih merupakan tanaman hias yang telah dikenal secara luas dalam budaya masyarakat, karena manfaatnya yang beragam dan kemudahan dalam budidayanya.

Kandungan nutrisi dalam daun sirih mencakup protein, vitamin A, B1, B2, flavonoid, asam nikotinat, tanin, fenol, saponin, minyak atsiri, polifenol, natrium, dan yodium.

Kombinasi kandungan tersebut membuat daun sirih bukan hanya sebuah tanaman biasa, melainkan juga sumber nutrisi penting yang dapat mendukung kesehatan.

Lebih dari sekadar tanaman hias, daun sirih menjadi obat alami yang berpotensi besar, terutama untuk kesehatan perempuan.

Air rebusan daun sirih dipercaya memiliki sejumlah manfaat yang beragam, seperti yang dikutip dari laman Gramedia.com berikut ini.

1. Mengurangi Keputihan

Keputihan merupakan masalah umum yang sering dihadapi perempuan. Kabar baiknya, keputihan dapat diatasi dengan menggunakan air rebusan daun sirih.

Cara menggunakannya, rebus daun sirih ke dalam 2 gelas air selama 5-10 menit, tunggu hingga warna air rebusan daun sirih berubah dan daun mulai layu serta air rebusannya berkurang jadi setengahnya, kemudian saring air rebusan daun sirih dan diamkan hingga suhunya turun.

Air rebusan ini dapat digunakan dengan 3 cara, yaitu bisa diminum langsung, dibasuhkan pada area kewanitaan sebagai pembersih, atau diaplikasikan ke area miss-V dengan bantuan tampon.

2. Meredakan Nyeri Haid

Nyeri saat menstruasi adalah hal yang wajar dialami oleh perempuan. Namun jika nyeri saat menstruasi dapat mengganggu aktivitas, maka perlu adanya pengobatan untuk mengurangi nyeri tersebut, seperti dengan menggunakan air rebusan daun sirih dengan kunyit.

Air rebusan daun sirih dengan kunyit dipercaya dapat meredakan nyeri saat haid. Selain kunyit, menambahkan mahkota dan umbu dewa dengan air rebusan daun sirih juga dapat digunakan sebagai obat pereda nyeri saat menstruasi.

3. Menghilangkan Gatal-Gatal pada Area Kemaluan

Gatal pada area kemaluan perempuan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti pemilihan celana dalam yang terlalu ketat dan tidak nyaman.

Tidak hanya itu, gatal pada area kemaluan juga dapat disebabkan dengan kondisi kulit seperti eksim, vaginosis bakterialis, hingga infeksi jamur vagina, yang sering kali memengaruhi wanita pada usia produktif.

Kabar baiknya, air rebusan daun sirih telah dipercaya dapat mengatasi gatal-gatal pada area kemaluan perempuan.

Cara menggunakannya adalah dengan merebus daun sirih, dan tunggu selama 5 hingga 10 menit. Jika air sudah dingin, gunakan sebagai pembersih area kemaluan, atau dapat diminum langsung.

4. Menghilangkan Aroma Kurang Sedap pada Area Intim

Daun sirih mengandung antioksidan, eugenol, dan chavicol yang dapat membunuh bakteri inflamasi penyebab bau tak sedap. Cara mendapatkan manfaatnya adalah dengan merebus daun sirih dan meminum air rebusannya.

Sebaiknya penggunaan daun sirih tidak dilakukan terus menerus, meskipun daunnya mengandung antiseptik. Hal ini dikarenakan daun sirih dapat menyebabkan perubahan pH pada area reproduksi wanita.

Oleh karena itu, penggunaan daun sirih harus dilakukan secara wajar, dan jika gangguan kesehatan tidak kunjung hilang, ada baiknya untuk berkonsultasi langsung ke dokter.

Sumber : Tribun

You may also like

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites. Buy Soledad now!

Wanita Berita, A Media Company – All Right Reserved.