Monday, July 22, 2024
Monday, July 22, 2024
Home » Perempuan Wajib Tahu, Ini 7 Ciri Siklus Haid yang Sehat

Perempuan Wajib Tahu, Ini 7 Ciri Siklus Haid yang Sehat

by Yasmine Sunday
0 comment

Siklus haid sehat menandakan sistem reproduksi yang sehat. Berikut ciri siklus haid yang sehat.
Budi Wiweko, dokter spesialis kandungan-subspesialis fertilitas endokrinologi reproduksi RS Pondok Indah IVF Centre, siklus haid yang sehat layaknya komunikasi yang harmonis dan sinkron antara otak, indung telur, dan rahim.

“[Komunikasi ini] menghasilkan satu buah sel telur matang yang berasal dari sekitar seribu buah sel telur yang dilepaskan oleh setiap perempuan dari indung telurnya setiap bulan,” kata pria yang akrab disapa Prof. Iko ini lewat pernyataan resmi yang diterima CNNIndonesia.com, Kamis (6/7).

Karena siklus haid berkaitan erat dengan reproduksi yang sehat pula, sangat penting untuk mencatat siklus haid. Saat siklus haid ditemukan tidak normal, perempuan patut curiga akan kemungkinan gangguan kesehatan reproduksi.

‘Komunikasi’ yang kurang harmonis antara otak, indung telur, dan rahim mengakibatkan, salah satunya, gangguan pematangan sel telur misal, keluhan tidak haid selama 3 bulan, interval siklus haid 40 hari, atau haid datang dua kali dalam sebulan.

“Kondisi ini dapat disebabkan oleh gangguan sinyal pada sistem saraf, masalah indung telur, jumlah sel telur yang sedikit, atau tingginya hormon prolaktin, yakni hormon yang terkait dengan produksi air susu,” kata Iko.

Gangguan pematangan sel telur juga mengakibatkan penebalan dinding rahim sehingga risiko pendarahan dalam jumlah banyak. Hal ini juga salah satu bibit keganasan badan rahim.

Dengan pencatatan siklus haid, perempuan bisa dengan cepat mendeteksi siklus haid yang tidak sehat dan dikonsultasikan dengan tenaga kesehatan.

Source : CNN

You may also like

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites. Buy Soledad now!

Wanita Berita, A Media Company – All Right Reserved.