Saturday, February 4, 2023
Saturday, February 4, 2023
Home » 5 Ciri Perempuan Introver dengan Rasa Percaya Diri yang Baik

5 Ciri Perempuan Introver dengan Rasa Percaya Diri yang Baik

by Hening Primastiny
0 comment

Selama ini kita mungkin masih menganggap orang introver adalah orang yang gampang minder. Sangat pemalu dan punya rasa percaya diri yang rendah. Padahal orang introver juga bisa sukses, bahagia, bahkan memiliki rasa percaya diri yang bagus.

Mari kita bahas dulu arti dari introversi. Mengutip buku The Introvert Advantage, introversi adalah sifat membangun dan kreatif yang ditemukan di banyak tokoh pemikir yang telah banyak berkontribusi untuk memperkaya dunia. Dijelaskan lebih lanjut bahwa kaum introverpunya keahlian sosial, mereka menyukai orang-orang, dan mereka menikmati beberapa tipe kegiatan sosial. Bedanya adalah obrolan dalam sebuah pesta bisa menghabiskan energi kaum introver. Kaum introver menikmati percakapan satu lawan satu, akan tetapi kegiatan dalam kelompok dapat menjadi stimulus yang terlalu besar dan akan menyedot energi mereka.

Bagi dirimu yang merasa pribadi introver, tak perlu minder ketika ada orang yang menganggapmu terlalu kaku. Justru bisa jadi selama ini sebenarnya kamu sudah punya rasa percaya diri yan baik. Tanda-tandanya bisa dilihat dari beberapa hal berikut ini.

1. Tahu Cara Memaksimalkan Kelebihan Diri

Sebagai orang yang introver, kamu punya kemampuan untuk melakukan refleksi diri yang mendalam. Dari sini kamu pun bisa mengenali kelebihan dirimu sendiri. Saat kamu tahu kelebihan diri sendiri dan tahu cara mengoptimalkannya, maka ini bisa mencerminkan ada rasa percaya diri yang baik di dalam dirimu.

2. Punya Semangat Memberi Pengaruh Baik

Kaum introver, seperti yang dijelaskan lagi dalam buku The Introvert Advantage, menjalin hubungan dengan lebih sedikit orang tetapi dengan tingkat koneksi dan keintiman yang lebih tinggi. Introver tidaklah antisosial, tapi punya cara berbeda dalam bersosialisasi. Bersosialisasi dengan banyak orang bisa terasa sangat menguras energi. Meskipun begitu, selama masih ada semangat untuk bisa menjadi pribadi yang bermanfaat dan bisa memberi pengaruh baik pada orang-orang di sekitarmu, maka sebenarnya kamu punya rasa percaya diri yang bagus.

3. Bisa Menekuni Hal yang Disuka

Menekuni hal yang disukai dan bisa menghasilkan sesuatu dari hal tersebut bisa menghadirkan kepuasan batin. Harga diri pun bisa ikut meningkat. Dengan meningkatnya harga diri, rasa percaya diri yang tumbuh juga bisa makin kuat.

4. Nyaman Menjadi Diri Sendiri

Walau ada orang yang menganggapmu pemalu atau gampang minder, tapi selama kamu masih bisa nyaman dengan menjadi dirimu sendiri maka sebenarnya kamu bisa bahagia dengan kehidupanmu sendiri. Tak perlu memaksakan diri menjadi orang lain untuk bahagia. Dengan temperamen introver yang kamu miliki, kamu tetap bisa menjalani hidup dengan bahagia juga.

5. Senantiasa Memperbaiki Diri dari Waktu ke Waktu

Rasa percaya diri yang tinggi bisa tercermin dari cara dan semangat untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu. Selama kamu masih punya semangat untuk belajar hal baru dan melakukan hal-hal baik dalam hidup, maka yakin saja kamu bisa menjadi pribadi yang bermanfaat. Serta, kamu bisa menjalani hidup dengan hati yang lebih tenang.

Semoga ke depannya kamu juga bisa menjadi pribadi yang bahagia dengan kehidupan yang kamu jalani, ya. Terima kasih sudah berusaha melakukan semua hal dengan baik hingga saat ini.

You may also like

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites. Buy Soledad now!

Wanita Berita, A Media Company – All Right Reserved.