Saturday, September 14, 2024
Saturday, September 14, 2024
Home » Rip Curl Cup Padang Padang 2024 bawa pesan kesetaraan gender

Rip Curl Cup Padang Padang 2024 bawa pesan kesetaraan gender

by Vanny Jaelani
0 comment


Rip Curl Padang Padang 2024 menyelipkan pesan kesetaraan gender dengan menggelar kompetisi selancar ombak khusus wanita bersamaan dengan kompetisi pria untuk pertama kalinya dalam 21 tahun penyelenggaraan di pantai Padang Padang, Bali.

President Director Rip Curl Indonesia James Hendy menjelaskan keputusan membuat divisi khusus wanita tahun ini berkaca dari pengalaman atlet selancar ombak Kanada Erin Brooks yang berkompetisi dengan pria ketika pada Rip Curl World Cup 2022, Erin diberi kesempatan bermain bersama pria hingga mencapai final.

“Di dunia saat ini terdapat peselancar wanita yang sama baiknya dengan peselancar pria, sehingga mereka berhak mendapatkan kesempatan yang sama dengan yang kita berikan kepada pria,” kata James dalam upacara pembukaan di pantai Padang Padang, Bali, Sabtu.

Pantai Padang Padang dipilih karena memiliki karakteristik ombak besar, namun jarang terjadi. Hal itu membuat ajang tersebut memiliki masa tunggu satu bulan pada 1-31 Agustus 2024.

“Ombak Padang Padang mungkin pecah setiap tiga atau empat kali dalam setahun. Jadi, kita tunggu. Sekarang ini tengah musim dingin jadi kita mendapatkan badai terbaik, yang merupakan ombak terbaik di Indonesia,” ujar James.

Sebanyak 16 peselancar putra dan delapan peselancar putri dengan persentase 50 persen dari Indonesia dan 50 persen dari seluruh dunia, termasuk Hawaii, Australia, Portugal, dan Afrika Selatan, berkompetisi dalam Rip Curl Cup Padang Padang 2024.

24 peselancar putra dan empat peselancar putri terbaik Indonesia bersaing memperebutkan enam tempat terakhir di main event di Padang Padang.

Pemerintah setempat berharap Rip Curl Cup Padang Padang 2024 dapat menjadi ajang  meningkatkan kemampuan peselancar Indonesia.

“Terlebih, peserta berasal dari 50 persen peselancar lokal dan 50 persen peselancar internasional,” kata Asisten 1 Sekretaris Daerah Badung, Sujendra.

Peselancar putri diakui

Peselancar putri Ziggy Aloha Mackenzie. menilai ajang itu peluang menyuarakan kehebatan peselancar putri di seluruh dunia.

“Masa-masa emas peselancar putri akan segera datang. Ini sebenarnya sangat kuat dan stabil. Maksud saya, ini adalah Padang Padang Cup, dengan penyelenggaraan sudah berlangsung sangat lama dan akhirnya perempuan bisa ikut berkompetisi,” ujar Ziggy.

Ziggy juga melihat peselancar putri semakin banyak yang sama-sama berkompetisi dengannya di tingkat junior, termasuk Jasmine Studer, yang kini menggeluti karier profesional di selancar ombak.

“Saya dan Jasmine tumbuh besar berselancar berkompetisi melawan satu sama lain, dan itu keren sekarang karena semua gadis kecil yang sudah dewasa benar-benar melakukan selancar, itu pasti sebuah kemajuan,” kata Ziggy, 

Kompetisi yang semakin banyak membuat peselancar kelahiran Australia itu berani menggantungkan cita-cita menjadi juara dunia dan menjadi Olimpian.

Juara dunia U16 ISA World Junior Surfing Championship 2024 itu bermimpi meraih medali emas Olimpiade.

Jasmine sendiri berharap lebih banyak lagi anak-anak perempuan seperti dirinya dan Ziggy yang menekuni selancar ombak.

“Saya pikir sangat keren bahwa ada begitu banyak gadis muda yang berselancar, dan saya berharap dalam beberapa tahun ke depan akan ada lebih banyak gadis yang ikut serta dalam kompetisi,” ujar Jasmine.

Sumber

You may also like

Wanita Berita LLC adalah sumber utama Anda untuk berita dan pembaruan terkini. Kami berusaha memberikan pembaca kami konten yang akurat, mendalam, dan menarik tentang berbagai topik. Tetap terinformasi dengan Wanita Berita!

Wanita Berita, A Media Company – All Right Reserved.