Thursday, July 18, 2024
Thursday, July 18, 2024
Home » Di Tengah Konflik Perang, Wasit Wanita Kongo Gapai Level Internasional

Di Tengah Konflik Perang, Wasit Wanita Kongo Gapai Level Internasional

by Maria Bisri
0 comment

Wanita berusia 24 tahun itu berasal dari Kota Goma, bagian timur Republik Demokratik Kongo, wilayah yang dilanda perang selama hampir 30 tahun.

Pada Januari lalu, dia masuk ke dalam peringkat wasit internasional oleh badan sepak bola dunia FIFA, yang membuatnya memenuhi syarat untuk memimpin di tingkat internasional.

Zihindula mengalahkan banyak rintangan dalam perjalanannya mencapai wasit level internasional, dengan kematian ayahnya dan ibunya meninggalkan rumah.

“Memang benar kami banyak kerepotan di sini tapi saya tetap berani,” kata Zihindula.

“Tidak setiap hari (saya) ditunjuk wasit internasional, tapi saya siap,” tambahnya.

Dipetik dari REUTERS, wilayah timur Kongo masih terus dilanda konflik, pemberontak merebut beberapa kota dan desa, dan maju ke pinggiran kampung halaman Zihindula, Goma, memaksa lebih dari satu juta orang mengungsi.

Liga sepak bola nasional Kongo juga menghadapi masalah.

Federasi Sepak Bola Asosiasi Kongo mengakhiri kompetisi sebelum waktunya pada April lalu setelah menangguhkannya sejak Desember karena klub menghadapi kesulitan keuangan. 

Namun hal itu tidak menyurutkan semangat Zihindula. Dia berlatih sebagai wasit pada 2015 dan dengan cepat menangani kompetisi provinsi, sebelum naik ke liga sepak bola nasional.

Terinspirasi Stephanie Frappart dari Prancis, wasit wanita pertama yang memimpin pertandingan Liga Champions putra, Zihindula berharap suatu hari dapat mengawasi turnamen Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) atau pertandingan FIFA.

Tidak jelas kapan dia akan memimpin aksi internasional pertamanya, tetapi dia tidak sabar menunggu musim depan dimulai.

Sumber : Sportstar

You may also like

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites. Buy Soledad now!

Wanita Berita, A Media Company – All Right Reserved.